Dukung Palestina, Konser Roger Waters Pink Floyd Coba Diboikot Israel

Jum'at, 08 Desember 2023 - 04:22 WIB
loading...
Dukung Palestina, Konser...
Salah satu pendiri Pink Floyd, Roger Waters mengklaim bahwa pelobi Israel mencoba memboikot konsernya di Amerika Selatan. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Salah satu pendiri Pink Floyd, Roger Waters mengklaim bahwa pelobi Israel mencoba membatalkan pertunjukannya di Amerika Selatan.

Roger Waters yang menjadi pendukung vokal Palestina dan kerap memberi kritik Israel, saat ini sedang menjalani tur dunia "This Is Not a Drill" di Amerika Selatan.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan media Turki TRT World, Roger Waters mengatakan pelobi telah berusaha untuk "mengkooptasi semua hotel" di Buenos Aires, Argentina dan Montevideo, Uruguay untuk mempersulit dia tampil di sana.



"Mereka baru saja mencoba membatalkan pertunjukan saya di sini, di Santiago, di Chile, di mana saya tahu saya sangat populer, bukan hanya karena pertunjukannya terjual habis," katanya.

Hasilnya, Konfederasi Pekerja Amerika Latin memberikan ruang bagi Waters dan krunya, yang menurut mereka dilakukan sebagai solidaritas terhadap "pembelaan hak asasi manusia", menurut situs berita Argentina, Pagina 12.

Waters juga mengatasi krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung di Gaza, di mana jumlah korban tewas akibat serangan udara Israel dan kampanye darat militer telah meningkat menjadi 16.200 orang, menurut Associated Press.

“Hati dan otak saya begitu penuh dengan semua intrik politik dan kemanusiaan dalam permasalahan Gaza, mengenai permasalahan Palestina saat ini sehingga saya merasa sulit untuk melarikan diri dari hal tersebut dan semua omong kosong yang saya alami, mengalaminya di Amerika Selatan dengan mereka yang mencoba membatalkan pertunjukan saya," kata Waters.

“Kami tahu persis seperti apa sikap mereka (Israel) terhadap warga Palestina, karena saat ini mereka sedang melakukan genosida di Gaza,” ujar Roger Waters.

Pendiri Pink Floyd yang sudah berusia 80 tahun ini mengklaim bahwa para pelobi Israel mencoba mengorganisir sebuah "boikot luar biasa berdasarkan kebohongan jahat," dan menyangkal klaim mereka bahwa ia antisemit dan mengatakan bahwa hal itu "tidak masuk akal." Dia kemudian membandingkan kritiknya dengan kepala propagandis rezim Nazi yang terkenal kejam, Joseph Goebbels.



“Mereka masih mengarang cerita dan kemudian memperkuat dan kemudian mencetaknya lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi dan lagi. Dan saya tahu kita tidak diperbolehkan untuk mengatakannya, tapi itu tidak sesuai dengan pedoman Goebbels—semakin besar kebohongannya , semakin besar kemungkinan orang percaya bahwa itulah yang dilakukan para bajingan bodoh ini terhadap saya," kata Waters.

Sang rocker juga menjelaskan bahwa ia pertama kali menjadi pendukung gerakan boikot, divestasi, dan sanksi (BDS) setelah diminta membatalkan rencana pertunjukan di Israel. Gerakan BDS adalah gerakan yang dipimpin Palestina yang bertujuan untuk menghalangi kebijakan Israel terhadap warga Palestina melalui tindakan seperti sanksi pemerintah dan boikot terhadap perusahaan-perusahaan Israel.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)